Banyak yang bilang kuliah itu tidak penting.

Semua kita pasti ingin kuliah kalau ada biaya dan sponsor atau jika kita mau bekerja paruh waktu untuk membiayai kuliah tersebut. Saya melihat ada sebagian orang ingin sekalih kuliah dan merasa bahwa  jika lulus bisa mengubah hidup mereka menjadilebih baik. Ada juga yang merasa bahwa kuliah tidak penting karna itu bukanlah jalan menuju sukses. Ada juga yang suda kuliah tapi tiba-tiba mundur dari kuliah tanpa menyelesaikan kuliahnya, hanya karna beranggapan kuliah tidak menjamin kita sukses.  Jadi ? Bagai mana dengan kamu dan kita yang suda kuliah toh nasib kita sama saja dengan yang lainnya lulus kuliah kerja dimana anak-anak lulusan SMA juaga kerja. Atau bagaiman dengan kita suda lulus kuliah tapi tidak muda dapat pekerjaan malah kerja di bidang yang lain tidak sesuai dengan jurusan pada saat kuliah. Mungkin kita juga bekerja tapi yang di kerjakan sama saja dengan teman-teman yang memiliki IP di bawa. Atau mungkin bekerja tapi merasa di gaji perusahan kurang banyak tidak sesuai dengan harapan?

Hal-hal di atas sering muncul dari diri sendiri atau oranglain di sekitar kita, bisa datang dari keluarga atau siapa sajalah. Membuat semua orang sangat kawatir dengan masa depannya. Siapa saja pasti memikirkan masa depan dan tidak ingin miskin dan susah selamanya. Tapi berpikir atau beranggapan pisimis tidaklah baik itu suda mengurangi potensi diri untuk menjadi baik. Kuliah atau sekolah merupakan setandar yang dibuat oleh pemerintah dalam negara untuk memenuhi standar kuliatas manusia dalam negara itu dan juga memenuhi standar dalam pengambilan karyawan pemerintah atau sebuah perusahan, jadi kuliah tidaklah salah jika kamu belajar lebih banyak dan melakukan hal yang lebih. Kuliah tidak salah jika ilmu pengetahuan itu bermanfaat untuk orang banyak contohnya untuk RT tempat tinggal mu pengetahuan yang di dapat bisa dibagikan seperti sekolah gratis, cara mengola lingkungan agar bersih, pengunaan internet dengan baik, perpustakan umum. Itu semua tugas mulia. Itu contoh mengunakan ilmu pengetahuan dengan baik, ingat semakin kita berbagi semakin banyak juga hal-hal baik yamg terjadi. 

Kuliah tidak penting? Itu tergantung dari sudut mana kamu melihatnya keduanya memiliki sisih yang berbeda hanya anda yang menjalan tau sisi apa itu. Jika dilihat kuliah selalu berhasil mengangkat derajat manusia membuat kita keluar dari kemiskinan membuat nasib kita berubah. Walupun kita tidak kaya raya seperti penemu di dunia ini. Paling tidak selesai kulaih pasti akan ada perusahan atau instansi pemerintah yang  bisa menerima kita bekerja, hanya orang-orang yang bisa bersyukur dapat mengerjakan hal-hal ini karna mereka sejak awal suda menjalani hidup yang susah tapi bagi kamu yang memiliki ekonomi memandai tentu bekerja di pemerintah atau instansi bukan hal yang menarik. Kuliah penting ketika kita belajar dan banyak bertemu dengan oranglain berbagi ilmu pengetahuan dan mencoba hal-hal baru.

Cara menangkal penilaian yang keliru dari oranglain

Hari ini sangat cerah dan berangin tapi pada siang hari akan mulai panas dan tidak ada angin sekitar jam 4 dan 5 barulah angin akan kembali berhembus. Tapi hari ini saya tidak menuliskan mengenai angin dan panas walupun ada hubungan nya dengan tulisan yang akan saya buat. 

Akhir-akhir ini banyak orang yang merasa pekerja keras,rajin dan ulet tidak salah memang jika beranggapan seperti ini tapi asalkan itu memang kita terapkan jangan sampai membuat pengakuan yang tidak sedang kita jalankan, atau pengakuan itu hanya untuk menepis anggapan dari oranglain yang selalu menilai kita tidak bekerja dengan rajin.
Banyak juga yang senang menceritakan masalalu mereka yang keras dan berlomba-lomba merasa bahwa dia sangat mengerti ada di posisi susah entah ini vaktor apa? Atau apa? Saya juga tidak tahu. Tapi menurut saya ini didasri kurangnya pengakuan terhadap seorang atau kurangnya pujian terhadap pencapain mereka jadi hal-hal kecil di bungkus agar menjadi sebuah cerita yang penuh perjuangan dan penuh tumpah darah. Walau mungkin bukan seperti itu kisahnya. Ada juga yang merasa lebih bekerja keras dari yang lain, lalu memberikan penilaian sesukanya kepada mereka yang hanya bekerja hal-hal kecil dengan mengatakan "kamu tidak akan sukses kalau begitu" kamu,kamu dan kamu.. wooww menjadi juri atau mandor tepatnya ya? Mungkin masi banyak lagi hal-hal tidak baik yang di katakan untuk kita tapi jangan kawatir. 
Pertama. Mereka bukan penentu yang kita buat, mereka bukan juri, bukan TUHAN bukan siapa-siapa.
Kedua. Mereka bukan orang yang akan bertanggung jawab dengan masa depan kita.
Ketiga. Pahami mereka dengan baik. Apa mereka satu langkah lebih maju dari kamu, mulai dari segi emosi,pola pikir, tingkah laku dan cara mereka memperlakukan orang yang kecil ya contoh nya kita yang sedang tahap belajar, karna orang sukses itu tidak pernah ada saingan atau lawan tapi KAWAN.
Keempat. Mereka juga di masa lalu sering di perlakukan tidak baik. Sama pada saat mereka suka menilai dan meninggikan diri terhadap orang lain.
Kelima.mereka orang yang takut mencoba hal-hal baru dan banyak alasan. Tidak mau mengembangkan diri.
SADARI SIAPA KAMU.

-Dengarkan orang yang hanya berdiskusi dan membantu kamu dalam kerja dan membantu kamu untuk lebih tekun lagi dalam bidang mu .
Dengarkan orang yang paling mengerti kamu. bekerjalah dengan gembira dan penuh keyakinan, konsisten dan punya tujuan dalam pekerjaan tersebut. jangan menyerah terus tekuni apa yang kamu bisa dan kembangkan itu.
Ketahuilah bahwa setiap manusia itu berbeda-beda dan memiliki kemampuan yang sangat unik pula. Ingat setiap kebaikan yang kita buat asalkan itu tidak merugikan bangsa dan RT tempat kamu tinggal itu adalah hal baik. Miliki tujuan agar kita selalu bisa berguna bagi masyarakat setempat dan berikan kontribusi bagi bangsa dan kota kita. Rajin-rajinlah mendekatkan diri pada TUHAN YANG MAHA ESA. Jangan berkecil hati terhadap diri mu semangat dan jadikan orang lain yang sok itu sebagai motivasi kamu buat menjadi lebih besar dan semakin besar lagi dalam karrir mu.